50 Anggota Pramuka Saka Wira Kartika Ikuti Acara Wasbang di Makodim 0601 Pandeglang

50 Anggota Pramuka Saka Wira Kartika Ikuti Acara Wasbang di Makodim 0601 Pandeglang
50 Anggota Pramuka Ikuti Acara Wawasan Kebangsaan di Makodim 0601 Pandeglang

PANDEGLANG, - Sebanyak 50 anggota Pramuka Saka Wira Kartika mengikuti kegiatan Wawasan Kebangsaan (Wasbang), yang dilaksanakan Komando Distrik Militer (Kodim) 0601 Pandeglang, di Aula Makodim, Minggu (30/08/2020).

Kegiatan yang mengangkat tema, "Membentuk Masyarakat Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan," merupakan sebuah upaya untuk menumbuhkan sekaligus meningkatkan jiwa nasionalisme bagi generasi muda di negeri ini khususnya di Kabupaten Pandeglang.

Acara diawali upacara pembukaan yang ditandai dengan laporan perwira Pasi Pers Kodim 0601/ Pandeglang Kapten Inf. Tata kepada Komandan Distrik Militer (Dandim) 0601/Pandeglang, Letkol. Kav. Dedi Setiadi dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Dalam sambutannya, Dedi Setiadi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kodim 0601/ Pandeglang untuk membina para generasi penerus bangsa dalam menghadapi era global saat ini, sehingga melalui program bidang pembinaan wawasan kebangsaan ini diharapkan dapat tercapainya sasaran peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas, berjiwa pancasila, cinta tanah air dan bangsa yang berkarakter Patriotis, pantang menyerah dan memiliki daya saing yang tinggi demi kemajuan bangsa.

”Saya merasa bangga dan bahagia di jaman sekarang adik-adik masih mau mengikuti kegiatan Pramuka, bersyukurlah adik-adik tinggal di kota Pandeglang yang jauh dari kehidupan di kota-kota besar sehingga tidak mudah terpengaruh pergaulan orang-orang diluar sana. Bekerjalah dengan hati karena apabila tidak timbul dari hati yang ikhlas yang kita dapat hanya capeknya saja tetap semangat,” ujarnya.

Usai upacara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi wawasan kebangsaan yakni, Materi Pembentukan Karakter Para Tunas Muda disampaikan Danramil 0116 Kecamatan Cikeusik, Kapten Inf Gatot Wijayanto, dan kemudian dilanjutkan materi ‘Proxy War’ yang disampaikan Danramil 0104 Kecamatan Cimanuk, Kapten Inf. Ruiyat.

Sementara ditempat yang sama, Pasi Pers Kodim 0601/ Pandeglang Kapten Inf. Tata menyampaikan, Pembinaan Wawasan Kebangsaan bertujuan untuk membangun generasi muda yang disiplin, semangat, kreatif, inovatif dan bermartabat serta bermanfaat untuk masyarakat, bangsa dan Negara.

“Melalui program ini diharapkan dapat membentuk sikap mental yang baik, memiliki rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara serta memiliki kemampuan awal bela negara,” terangnya (Red)