Dangrup 1 Kopassus Lepas Peserta Lomba Berburu Baladika Open Championship 2020

Dangrup 1 Kopassus Lepas Peserta Lomba Berburu Baladika Open Championship 2020

SERANG - Masih dalam rangkaian Lomba tembak Baladika Open Championship 2020, Grup 1 Kopassus membuka acara lomba berburu yang digelar di halaman Magrup 1 Kopassus, Jum'at (13/11/2020).

Usai melaksanakan apel, seluruh peserta lomba berburu yang berasal dari anggota Perbakin Jabodetabek dan Banten bersiap untuk berangkat pemburuan.

Komandan Grup 1 Kopassus Kolonel Inf I Ketut Merta Gunarda didampingi dengan Ketua harian Perbakin Banten Kombes Pol Nunung Syaifuddin, Dandim 0602/Serang Kolonel Inf Suhardono secara resmi melepas pemberangkatan 85 peserta lomba berburu.

Komandan Grup 1 Kopassus Kolonel Inf I Ketut Merta Gunarda mengatakan bahwa kegiatan ini adalah lanjutan kegiatan lomba tembak Baladika Open Championship 2020.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk turut aktif dalam pembinaan petembak di wilayah Banten. Selain itu kegiatan ini bisa menjadi ajang pencarian dan pembinaan bibit serta kaderisasi atlet tembak yang ada di Provinsi Banten agar bisa bersaing pada kejuaraan tingkat nasional maupun internasional," kata Dangrup 1 Kopassus.

Ia juga menjelaskan tentang tujuan dari lomba berburu.

"Materi lomba berburu yang kali ini kita selenggarakan adalah sebagai wujud kecintaan terhadap tanah air dan upaya untuk memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa demi mempertahankan NKRI, maka perlu dilaksanakan pembinaan kemampuan pada pada generasi bangsa agar generasi bangsa bisa memiliki kesehatan fisik yang prima, disiplin, berkarakter dan berkepribadian," terang IKM Gunarda.

Lanjutnya, "selain itu, tujuan menembak adalah untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat melalui kecintaan dalam olahraga menembak berburu serta meningkatkan prestasi dan mendapatkan bibit penembak berburu yang dapat membawa nama club Perbakin beserta membawa nama baik bangsa dan negara".

Lomba berburu tahun 2020 kali ini disertai dengan penanaman 1000 pohon Mahoni.

"Selain untuk menyeimbangkan ekosistem babi hutan, membantu beban petani menanggulangi hama babi hutan dan menyosialisasikan olahraga menembak kepada masyarakat luas juga akan laksanakan penanaman 1000 pohon mahoni yang merupakan wujud kecintaan terhadap lingkungan sekitar," jelasnya.

Orang nomor satu di Grup 1 Kopassus berpesan kepada peserta lomba berburu untuk senantiasa memperhatikan keselamatan diri, protokol kesehatan dan lingkungan serta menjunjung tinggi kode etik berburu “sapta etika perbakin”.

“Semoga seluruh rangkaian kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan lancar sesuai dengan rencana, jangan sampai salah berburu dan jaga fasilitas warga serta lingkungan sekitar," harapnya.

Terakhir IKM Gunarda memberikan aba-aba hitungan tiga mundur dan mengucapkan Basmallah melepas para peserta lomba berburu.

“Dengan mengucapkan Bismillah Hirrohmannirohim, pada hari ini, Jumat tanggal 13 November 2020 lomba berburu Baladika Open Championship 2020 saya nyatakan dilepas," ujar IKM Gunarda sambil mengangkat bendera sebagai pertanda dimulainya perburuan. (Ay)