DPUPR Kota Serang Bidang SDA Terus Optimalkan Penataan Saluran Air Dan Pemeliharaan Irigasi

DPUPR Kota Serang Bidang SDA Terus Optimalkan Penataan Saluran Air Dan Pemeliharaan Irigasi
Kepala Dinas DPUPR Kota Serang ditemani Kepala Bidang Sumber Daya Air saat mengecek salah satu lokasi kegiatan peningkatan saluran (Dok. ISTIMEWA)

Kota Serang - Dalam rangka peningkatan fungsi air pada saluran irigasi serta upaya pencegahan pengendalian genangan banjir di wilayah Kota Serang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bidang Sumber Daya Air DPUPR Bidang SDA Kota Serang terus melakukan upaya diantaranya penataan irigasi, pembersihan gorong-gorong, normalisasi drainase serta terus melakukan kegiatan pemeliharaan dan perawatan.

Mengingat sudah memasukinya musim penghujan, sebagai bentuk antisipasi pelonjakan debit air, Bidang SDA DPUPR Kota Serang terus melakukan upaya-upaya yang tengah dilakukan yaitu kegiatan pemeliharaan dan perawatan pada beberapa wilayah titik saluran irigasi sungai di wilayah Kota Serang.

Kepala Bidang SDA DPUPR Kota Serang, Nugraha S Sentana saat mengecek langsung kegiatan Pemeliharaan Saluran Air di Kali Cipager, Cipocok Jaya

Kegiatan meliputi pembersihan semak dan akar pohon disekitar dinding bahu saluran, serta pengangkatan tumpukan sampah plastik dititik rawan penyumbatan aliran air yang dapat berakibat mengganggu jalannya air disepanjang sungai irigasi tersebut, dikatakan Kepala Bidang SDA DPUPR Kota Serang, Nugraha Surya Sentana, diharapkan dapat mengembalikan fungsi dari saluran irigasi sebagaimana mestinya.

"Dimusim penghujan ini diharapkan alirannya menjadi lancar, banjir dan genangan air pun bisa berkurang ,"ucap Nunu sapaan akrabnya ditemui disela melakukan peninjauan langsung proses pemeliharaan saluran dilokasi sungai Cipager Puri Serang Hijau, Cipocok Jaya, Kota Serang, (Selasa, 6 Oktober 2020).

Dilanjutkan, meski ditengah situasi Pandemi Covid19 ini, Nunu menyampaikan bahwa, dirinya beserta jajarannya terus berupaya bersama pihak DPUPR Kota Serang untuk meningkatkan capaian program kerja yang diinstruksikan oleh Kepala Dinas juga Visi dan Misi Pemerintah Kota Serang serta program strategis Walikota dan Wakil Walikota untuk mewujudkan Kota Serang Bersih.

"Tahun ini Bidang SDA DPUPR Kota Serang berupaya merealisasikan beberapa perbaikan dan normalisasi drainase yang tersebar di wilayah Kota Serang, dan itu terus kami tingkatkan, ditambah upaya respon cepat kami secara langsung terhadap berbagai aduan dari warga  ,"lanjutnya.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Kota Serang, M. Ridwan belum lama ini juga mengatakan bahwa, pada Bidang SDA selain optimalisasi perbaikan dan pembangunan saluran drainase Gorong gorong yang tak luput dari program kegiatan, dirinya pun berencana akan menghidupkan kembali pengembangan jaringan air di wilayah Kota Serang salah satunya Situ Cikulur agar bisa difungsikan kembali untuk peningkatkan produktifitas pertanian.

"Khususnya wilayah Kecamatan Taktakan dan Kecamatan Serang, sebab diketahui Situ Cikulur itu dahulunya sejak jaman Belanda sudah berfungsi sudah untuk mengairi sawah, namun demikian kewenangannya ada pada Balai Besar Sungai Ciujung-Cidanau-Cidurian (BBWSC3). Untuk itu, Ke pihak BBWSC3 sendiri kita bersama warga sekitar telah berupaya berkirim surat dan berkoordinasi, mudah mudahan direspon ,"tuturnya.

Terakhir, M. Ridwan juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kota Serang agar senantiasa meningkatkan kesadaran menjaga kebersihan lingkungannya dengan tidak membuang sampah pada sembarang tempat terlebih pada saluran air drainase dan sungai.
(adhsn/ADV)