Mendorong Kemandirian Pemuda, RAS Milenial Gandeng Diskoperindag Kabupaten Serang

Mendorong Kemandirian Pemuda, RAS Milenial Gandeng Diskoperindag Kabupaten Serang

Kabupaten Serang - Dalam upaya mendorong kemandirian pemuda terkhusus bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Ruang Aspirasi (RAS) Milenial bersama Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang laksanakan Webinar pada Senin, 19 Oktober 2020.

Kegiatan Webinar yang diikuti oleh perwakilan 25 kelompok wirausaha muda binaan RAS Milenial tersebut mengambil tema “Peran Wirausaha Muda dalam Menopang Pembangunan Daerah".

Ahmad Muhajir selaku Direktur RAS Milenial diawal perbincangan menyatakan bahwa organisasi ini dibentuk untuk dapat menopang pembangunan ekonomi daerah.

"Dengan adanya RAS Milenial, saya harapkan dapat mengakomodir apa yang menjadi kebutuhan dan sebagai media komunikasi antara pelaku wirausaha muda terkhusus di Kabupaten Serang dengan Pemerintah itu sendiri agar dapat terlegitimasi, karena sama-sama kita ketahui Kabupaten Serang memiliki banyak potensi dibidang UMKM," paparnya.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang, Abdul Wahid menyampaikan apresiasi terhadap RAS Milenial yang telah mewadahi para pelaku wirausaha muda, yang selalu mencari perubahan positif.

"Program UMKM salah satu program  penting Pemerintah dalam rangka menunjang pembangunan disektor ekonomi, harapannya dengan adanya pelaku usaha baik mikro, kecil dan menengah dapat menarik simpati masyarakat sekitar untuk berfikir menjadi wirausaha yang dapat merekrut tenaga kerja sekitar," ujarnya.

Selain itu pihaknya meminta kepada para pelaku usaha untuk dapat mendaftar diri ke Diskoperindag agar dapat diketahui dan diklasifikasikan sesuai bentuk usaha.

"Karena kita juga mempunyai tugas untuk menginformasikan kepada para pelaku usaha tentang program yang akan dilakukan, dari data yang masuk setidaknya kita dapat memberikan pelatihan dan bantuan langsung ataupun administrasi, agar dapat berjalan selaras," tambahnya.

Salah satu perwakilan kelompok wirausaha muda binaan RAS Milenial Kecamatan Kragilan, Rizqi Maulana mengharapkan adanya perhatian lebih terhadap pelaku usaha milenial kekinian.

"Sejauh ini pemerintah saya rasa hanya fokus terhadap usaha lama, artinya kita sebagai milenial sebenarnya sudah melakukan pembaharuan usaha yang menyesuaikan dengan kebutuhan, semisal Vape Store atau Cofe Shop dengan konsep kekinian, nah selama saya berkecimpung di usaha ini, saya belum merasa adanya sentuhan dari Pemerintah," tegasnya. (Adhsn/dra)