Warga Desa Saninten Kembangkan Budi Daya Talas Beneng

Warga Desa Saninten Kembangkan Budi Daya Talas Beneng
Budi Daya Talas Beneng di Desa Saninten Kecamatan Kaduhejo

PANDEGLANG, - Budidaya talas beneng jadi solusi peningkatan perekonomian warga Kampung Salam Desa Saninten Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang, Banten.

Talas beneng saat ini memang menjadi pilihan petani, karena tanaman itu memiliki nilai ekonomi yang cukup menjanjikan.

"Kami masyarakat petani talas beneng gunung karang sudah budi daya talas beneng, karena memiliki nilai yang cukup menjanjikan. Semua yang dihasilkan talas beneng ada nilai ekonominya, dari mulai daun, pelepah sampai umbinya, termasuk kadar oksalatnya sangat di butuhkan  oleh farmasi." beber Iman seorang pembudidaya talas beneng asal Gunung Karang Pandeglang, Kamis (6/8/2020).

Dikatakan Iman, dalam hal budi daya talas beneng ini pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang dan Propinsi Banten beberapa waktu lalu dalam rangka pembentukan asosiasi pelaku usaha talas beneng di Banten.

"Ini langkah baik meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat petani di wilayah Pandeglang," katanya

Sementara Kepala Desa Saninten, A Rozak menyambut sekaligus mengapresiasi kegiatan petani talas beneng di wilayahnya.

"Kami juga berharap dukungan penuh para pemangku kebijakan di Kabupaten Pandeglang untuk mendorong peningkatan ekonomi kesejahteraan masyarakat petani talas beneng itu, khususnya Dinas Pertanian, Diskop dan UMKM, serta Disprindag & ESDM agar lebih bersinergi lagi, dan semua pihak diharapkan tidak mengedepankan ego sektoral demi lancarnya kegiatan budi daya tanam talas beneng yang jelas dapat membantu ekonomi warga tersebut." harap Rozak (dhank)